Raker LPM UG, Targetkan Akreditasi Unggul di Tahun 2021

DAILYPOST.ID, Kampus – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Gorontalo (UG) melakukan rapat kerja (Raker) dalam rangka membahas program studi 4.0, 9 Standar Penjamin Mutu Internal (SPMI), dan Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Rapat tersebut dilaksanakan selama dua hari di Kabana Resort Boalemo dan dihadiri pula oleh beberapa unsur pimpinan UG, Yayasan dan seluruh elemen LPM UG, tanggal 20-21 Februari 2021.

Terkait Program Studi yang ingin mengajukan Reakreditasi, Sekertaris LPM UG, Franning Deisi Badu, S.KM, M.Kes, menjelaskan tentunya harus melewati proses yang diselenggarakan oleh LPM seperti menyelenggarakan ISK, dan sebagainya.

“Jika prodi yang ingin mengajukan reakreditasi atau naik banding, itu kita menyelenggarakan suplemen konversi, dari konversi studi standar menjadi sembilan standar,” ujar Franning.

Franning pun melanjutkan bahwa dari hasil rapat kerja itu pihaknya mendapatkan beberapa rekomendasi terkait dengan mekanisme optimalisasi peningkatan kapasitas kelembagaan dalam hal universitas terbaik perampung renstra renov.

“Kemudian pembahasan dan pemahaman tentang visi-misi universitas, terus ada keceriaan program studi makna unggul dan hal sebagainya itu akan kita mulai berlakukan atau penerapannya mulai semester ganjil ini,” jelasnya.

Dari pembahasan tentang pemahaman dan 9 standar itu, kata Franning, akan diterapkan, dan hal itu sudah dialihkan ke SPMI serta disosialisasikan pula oleh LPM di masing-masing fakultas.

“In sha Allah kita sudah mulai paham melaksanakan itu dan merampungkan peningkatan agar fakultas itu lebih efektif dan terintegrasi baik dari tingkat fakultas kemudian universal,” imbuhnya.

Franning melanjutkan, adapun beberapa point terpenting terkait rekomendasi yaitu penyetaraan penyesuaian visi misi, dimana dalam visi misi ini akan diutamakan sasaran wilayah dan sasaran periode yang harus dijadikan dasar agar pencapaian visi misi tersebut memiliki target.

“Seperti terkait dengan SDM, baik dosen tenaga kependidikan yang ada di lingkungan UG, terkait dengan tridarma, terkait dengan kredit yang di tempuh per semester, terkait dengan penelitian atau kajian atau jurnal pengabdian juga akan diatur,” ujar Franning.

Dari rapat kerja kali ini, lanjutnya, UG akan ditargetkan ke akreditasi A (unggul) atau point 4 di tahun 2021 ini.

“Jadi untuk mendapatkan target itu harus dibuat sesuai dengan SPMI dan 9 standar, karena universitas gorontalo sudah akreditas B (point 3),” tukasnya.

Capaian akreditas UG point 4 nantinya akan ditargetkan dimulai pada Program Studi Mesin Fakultas Teknik.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Dr. Julie Abdullah SE,.M.Ak,.Ca berharap dengan raker akademik yang dilaksanakan oleh LPM Universitas Gorontalo ini, semua rekomendasi secepatnya dapat ditindaklanjuti sebelum masuk pada masa ajaran baru.

“Karena ada beberapa aturan yang harus dilakukan perbaharuan atau revisi untuk menjalankan proses-proses yang sudah disepakati dalam rekomendasi,” kata Julie.

Oleh karena itu, Warek 1 meminta seluruh unit kerja secepatnya bergerak untuk menindaklanjuti perubahan atau aturan sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Perguruan Tinggi (Permendikti). (Daily16/Firdawati)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *