LPM UG Gelar Bimtek dan Sosialisasikan SPMI di Lingkungan Kampus

DAILYPOST.ID – Lembaga Penjamin Mutu Universitas Gorontalo (LPM UG) menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tahun 2021, di lingkungan Kampus UG, Jumat (15/01/2021).

Kegiatan yang dipimpin Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Hj. Julie Abdullah, SE, M.Ak, C.A, tersebut diikuti sejumlah peserta yang terdiri dari rektor dan para wakil rektor, dekan dengan seluruh wakil dekan, seluruh ketua program studi, seluruh ketua dan sekretaris Unit Lembaga Penjaminan Mutu, seluruh pimpinan Lembaga, Badan dan Biro di lingkungan UG.

“Kemarin itu selama 2 hari kita merampungkan SPMI terbaru dasar proses tri dharma perguruan tinggi di setiap fakultas,” kata Julie.

Ia mengungkapkan, SPMI tersebut telah rampung dan disosialisasikan ke setiap fakultas dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kemarin kita sudah rampung dengan senat membuat SPMI Universitas Gorontalo yang revisi untuk periode selanjutnya, nah SPMI ini sudah kami sosialisasikan dan telah disetujui oleh yayasan dan sudah disenatkan di universitas, kemudian kita sosialisasikan ke setiap fakultas, kenapa di setiap fakultas karena kita menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Warek 1 menjelaskan bahwa SPMI bertujuan untuk menjamin agar layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselenggarakan di UG sesuai dengan kriteria minimal yang ditetapkan, seperti dalam hal pendidikan dan pengajaran, mengatur penelitian, dan mengatur pengabdian.

“Ini imbasnya atau efeknya akan sangat penting terhadap universitas, salah satunya adalah kami akan memperkuat lagi UPMnya (unit penjaminan mutu), jadi mereka yang akan meramu SPMI ini adalah yang ada di fakultas atau di unit kerja termasuk universitas, sebab keterkaitan universitas rektorat dengan unit kerja itu juga penting karena semua laporan itu akan masuk ke universitas dan dikumpulkam menjadi satu dan laporan akademik universitas,” jelas Julie.

Setiap tahun, kata Julie, pihak yang akan akan bertanggungjawab di setiap universitas itu adalah UPM, dimana UPM sendiri memiliki akses untuk membuat fakultas lebih baik, dan lebih bermutu.

“Salah satu contohnya ke arah akreditasi, dimana seluruh yang ada di SPM itu pasti isinya berbentuk standar atau bisa melengkapi apa- apa yang akan dibutuhkan dalam proses akreditasi, nah ini yang permudah,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Sekertaris LPM UG Franning Deisi, S.KM, M.Kes, menambahkan, Tim Perumus yang terdiri dari Kepala LPM dan Wakil Rektor 1 telah melakukan sosialisasi SPMI berdasar pada empat buku yakni kebijakan mutu, manual mutu, standar SPMI dan formulir SPMI.

“Nah yang disosialisasikan itu fokus pada formulir SPMI yang harus diisi oleh masing-masing unit kerja yang terkait dengan tri darma. Dimana sampai saat ini masih diisi dan dilengkapi oleh unit kerja. dan karena sudah ditetapkan SPMI ini maka pelaporan setiap semester nanti akan disesuaikan dengan formulir SPMI,” tandasnya. [Daily16/Firdawati Dai]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *